TINGKATKAN PEREKONOMIAN WARGA DESA HARJOKUNCARAN SUMAWE, MAHASISWA KKN UNIKAMA AJARKAN MEMBATIK

UNIKAMA – Dampak positif Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) di Desa Harjokuncaran Kecamatan Sumbermanjing Wetan ( Sumawe) terlihat dari program kerja (proker) yang di miliki mahasiswa dan ilmu-ilmu yang mereka salurkan melalui proker. Mahasiswa dengan Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Ibu Rina Wijayanti, S.Psi., M.Psi, memiliki proker yang salah satunya adalah, bagaimana cara melakukan kepengurusan Perizinan Industri Rumah Tangga (PIRT).

Pasalnya masih banyak sekali masyarakat yang belum memahami tentang bagaimana proses untuk melakukan kepengurusan PIRT untuk Industri Rumah Tangga yang ditekuni masyarakat.

Ekky Susanto selaku Koordinator Desa (Kordes) Desa Harjokuncaran juga menjelaskan proker yang terselesaikan kini pelatihan dan seminar tentang bagaimana proses perijinan PIRT tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun. 

“Proker kami tidak hanya itu, saat ini kami sedang memberikan kegiatan membatik dengan teknik jumput yang kami laksanakan bersama Ibu PKK dan masyarakat sekitar,” tambahnya 

Butuh beberapa latihan untuk teknik ini. Dengan peralatan sederhana Ibu PKK dan masyarakat sangat antusias dan ingin terus belajar. Tidak sampai di situ saja, batik ini bisa juga dijual di pasaran dengan harga Rp. 100 ribu bahan awal berupa kain, kelereng, tali dan lainnya hanya dengan modal Rp. 50 ribu. Selain itu mahasiswa KKN juga memberikan contoh bahwa kain batik jumput ini bisa dijahit dalam bentuk baju “outer”, hal ini akan menjadi nilai jual kain batik jumputan ini. 

Diharapkan ilmu – ilmu tersebut bisa meningkatkan perekonomian warga masyarakat Desa Harjokuncaran Sumawe. (Ash)

WhatsApp chat