Mahasiswa KKN Unikama Ciptakan Inovasi Olahan Kopi Lokal dan Masker Wajah

UNIKAMA – Kalangan masyarakat saat ini lagi tren dibidang bisnis. Tidak terkecuali masyarakat Desa Sekarbanyu yang berkeinginan untuk memulai berbisnis. Namun, masih terkendala dengan ide bisnis yang akan dijalankan. Karena masyarakat khususnya Ibu-ibu kebanyakan ibu rumah tangga biasa. Akan tetapi ada keinginan membuka bisnis sendiri, namun masih belum tahu bisnis seperti apa.

Dengan demikian, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) 2019 tergerak membuat pelatihan berbisnis bagi masyarakat Desa Sekarbanyu. Pelatihan yang berlangsung di rumah ketua kelompok tani Mekar Sari (25/8) ini merupakan kelanjutan dari kegiatan program kerja (Proker) sebelumnya tentang sosialisasi peningkatan produktivitas kopi lokal.

Bagi mahasiswa KKN Unikama, kopi dapat diolah menjadi keripik kopi dan masker wajah. Dengan penemuan ini, ibu-ibu PKK yang menghadiri pelatihan terkejut dengan inovasi kopi yang diolah menjadi keripik dan masker wajah. Mereka semakin antusias saat dilakukan demonstrasi pembuatan kripik kopi dan masker wajah.

“Ternyata kopi bisa dibuat keripik dan masker, caranya buatnya juga sederhana. Kami merasa terbantu dengan ide inovasi produk yang diberikan mahasiswa KKN UNIKAMA. Kalau seperti ini bisa kami coba dirumah,” ungkap Ibu Aan, anggota PKK Melati.

Selain pemberian pelatihan pembuatan inovasi olahan kopi, mahasiswa KKN yang dibimbing Siane Herawati, M.Pd sebagai dosen pembimbing lapangan (DPL) ini juga memberikan pelatihan pembuatan packaging dan pemasaran produk yang baik.

Dengan diadakannya pelatihan semacam ini, mahasiswa KKN UNIKAMA berharap agar pelatihan ini dapat menjadikan desa Sekarbanyu menjadi desa binaan. Tentunya dengan adanya inovasi produk olahan kopi.

WhatsApp chat