Semarakkan HUT RI, Mahasiswa KKN Unikama Bangun Jembatan Darurat

UNIKAMA – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Kanjuruhan Malang (KKN Unikama) merayakan peringatan HUT kemerdekaan RI ke-74. Perayaan Agustus tahun ini mahasiswa KKN gelar serangkaian kegiatan yang berkolaborasi dengan warga desa Tamanasri, kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang.

Kegiatan yang berlangsung selama 12 hari (13-25) ini diawali dengan perlombaan ibu-ibu PKK (13/8), dan ditutup dengan karnaval warga desa Tamanasri. Berbagai persiapan di lakukan, panitia mendatangkan Joko Widodo selaku kepala desa Tamanasri untuk membuka kegiatan.

Panitia acara agustusan di desa Tamanasri ini merupakan gabungan mahasiswa KKN Unikama dengan masyarakat setempat. Menarinya, beragam lomba untuk kategori anak-anak dan umum juga digelar. Berupa meletuskan balon, apit balon, joget balon, lomba giring bola menggunakan terong, tarik tambang, lari balap karung, pukul air, makan kerupuk, dan berbagai lomba kerakyatan lainnya.

Selain itu, panjat pinang juga digelar di lapangan volley desa Tamanasri. Kegiatan ini juga sebagai penutup rangkaian kegiatan lomba yang telah berlangsung selama bulan Agustus.

Semarak agustusan ini termasuk dalam program kerja (Proker) yang di usung tim KKN Unikama. Selain itu juga mengajar di Lembaga Pedidikan, Bimbingan Belajar, sosialisasi cara menggosok gigi yang benar, TPQ. Pengecatan Tugu Patung Garuda, pembuatan peta desa, Bersih Desa, Senam diabetes, pelestarian taman desa, Pembuatan Konten Desa, hingga pembuatan Jembatan darurat juga disambut baik oleh masyarakat Tamanasri.

Koordinator Desa (Kordes) KKN Unikama, Bahrul mengatakan bahwa kegiatan semarak agustusan ini termasuk serangkaian program kerja yang di bawa tim KKN Unikama di Desa Tamanasri. Hal semacam ini untuk meneruskan semangat juang para pahlawan dalam rangka HUT Ke-74 kemerdekaan RI.

“Sebagai generasi milenial kita harus meneruskan semangat juang pahlawan kemerdekaan. Kita aplikasikan dalam semua aspek kehidupan. salah satu wujud dari semangat juang yaitu pantang menyerah yang di tunjukkan dalam perlombaan 17 Agustus ini,” ungkap mahasiswa Pendidikan Matematika.

Antusiasme masyarakat dalam mengikuti serangkaian kegiatan ini cukup tinggi. Terlihat dari banyaknya peserta yang mengikuti setiap perlombaan yang di adakan. Masyarakat desa sangat berterimakasih kepada mahasiswa KKN Unikama yang telah mengadakan serangkaian perlombaan dalam peringatan HUT ke-74.

“Terimakasih telah diadakan kegiatan ini. Dengan adanya kegiatan ini, menumbuhkan rasa antusiasme warga dalam menyambut HUT RI yang ke-74” ujar Eko, warga Rw 02.

Sementara itu, penanggung jawab kegiatan lomba Agustusan, Jack menyampaikan apresiasi dan rasa terimakasih atas lancarnya kegiatan lomba kepada seluruh mahasiswa KKN Unikama.

Sebagai penutupan rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-74 ini, tim KKN Unikama membaur dengan masyarakat RW 02 yang ikut berpartisipasi menjadi bagian dalam kemeriahan karnaval Desa.

WhatsApp chat