Resmikan Prasasti Monumen Taman Baca, Mahasiswa Unikama Gelar Syukuran

UNIKAMA – Sebagai rasa syukur dengan selesainya proses kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Dusun Reco Desa Sitirejo Kecamatan Wagir berjalan lancar selama 45 hari. Mahasiwa KKN Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) menggelar syukuran yang dihadiri Dosen Unikama, Kepala Desa beserta jajarannya serta warga sekitar. Acara ini bertempat di PAUD Al-Mustakim pada hari Jum’at (30/08/2019).

“Kami sangat bangga karena sudah dianggap sebagai keluarga dan diterima dengan baik oleh warga masyarakat Dusun Reco. Meskipun status masih mahasiswa, tetapi para warga menerima kami dan selalu memberikan semangat,” ungkap Miswandri selaku ketua kelompok 1.

Tidak hanya syukuran, dalam kesempatan tersebut mahasiswa KKN Unikama juga meresmikan Monumen Taman Baca yang di buat mahasiswa khusus untuk Dusun Reco. Monumen ini dibuat agar masyarakat dusun selalu mengingat mahasiswa KKN.

Di lain sisi, Mahasiswa tersebut mendapat informasi dari Kepala Desa jika di Desa Sitirejo daerah Dusun Reco Sumber Daya Manusia (SDM) masih sangat kurang. Oleh karena itu mahasiswa KKN berinisiatif memberikan pengetahuan melalui sosialisasi di kantor balai RW mengenai Bimbingan Belajar (Bimbel). Setelah itu mahasiswa juga berusaha mengumpulkan buku-buku pelajaran atau bacaan untuk diberikan kepada anak-anak sekitar.

“Kami ingin memberikan buku-buku pelajaran dari TK (Taman Kanak-Kanak), SD (Sekolah Dasar), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) serta buku-buku umum lainnya. Dengan membaca mereka akan memperluas wawasannya, semoga bisa bermanfaat untuk adik-adik,” tambahnya.

Sementara itu, Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Ali Ismail, M.Pd juga menyampaikan terimakasih kepada Kepala Desa beserta jajarannya. “Berkat bimbingan bapak dan ibu mahasiswa kami bisa sedikit membantu mengembangkan apa yang ada di Dusun Reco, terutama dalam hal (SDM). Kepada warga masyarakat mohon maaf jika selama ini mahasiswa kami ada tutur kata yang kurang sopan saat berkomunikasi,” dalam sambutannya.

Sujiarti selaku Sekretaris Desa Sitirejo dan juga alumni Unikama ini berterimakasih khususnya kepada mahasiswa KKN Unikama. Ia menyampaikan bahwa saat Hari Raya Idul Adha mahasiswa juga menyumbangkan dua ekor kambing, hal itu merupakan penghormatan bagi masyarakat Desa Sitirejo. Selain itu, mahasiswa Unikama juga berpartisipasi dalam memajukan Dusun Reco melalui pendidikan dan juga pelayanan desa.

“Saya alumni Unikama, maka dari itu saya sangat bangga sekali bisa menerima mahasiswa KKN di Dusun Reco Desa Sitirejo ini. Semoga apa yang telah mahasiswa lakukan bisa diterima sebagai amalan oleh Allah SWT dan bermanfaat bagi kami semua,” ujar wanita berkerudung ini.

WhatsApp chat