Di Tengah Pandemi Covid-19, Unikama Tetap Lakukan Program KKN Mahasiswa

UNIKAMA – Di masa pandemi Covid-19 ini Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) tetap melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) untuk mahasiswa. Meskipun nampak berbeda dengan tahun sebelumnya, Unikama tetap ingin mahasiswa bisa berkontribusi dan mengabdi kepada masyarakat. Membantu mereka dengan Program Kerja (Proker) yang kreatif, inovatif dan tepat guna.

Dengan tema “Sosial Masyarakat Di Era Pandemi Covid-19” ini mahasiswa tidak lagi dikonsetrasikan dalam suatu tempat tertentu tetapi mereka akan diberikan keleluasaan pemilihan tempat KKN.

“Banyak mahasiswa kami yang sudah pulang ke daerahnya masing-masing akibat pandemi Covid-19 ini. Dengan adanya hal tersebut bukan tidak mungkin untuk melaksanakan KKN, sekarang eranya sudah canggih dengan sistem online tanpa bertatap muka kita tetap bisa melaksanakan KKN. Mahasiswa dibebaskan untuk memilih tempat KKN di seluruh Indonesia, di daerah tempat tinggalnya juga kami perbolehkan,” ungkap Ketua LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) Unikama Dr. Sudiyono, M.Pd. saat ditemui di ruangannya.

Sedangkan untuk mahasiswa yang masih tinggal di Kota Malang, LPPM Unikama siap membantu mencarikan tempat KKN baik itu di Kabupaten maupun Kota Malang. Dalam situasi pandemi seperti ini, pihak LPPM tidak memaksakan mahasiswa harus berkelompok asalkan tidak dalam kelompok besar, dan kalaupun ingin melaksanakan KKN secara individual juga diperbolehkan.

“LPPM Unikama tidak lepas tangan begitu saja, nanti tetap akan ada DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) yang proses pembimbingannya akan dilakukan secara Daring (Dalam Jaringan). Dosen akan mengawasi, mengontrol, dan membantu penyusunan Program Kerja (Proker) mahasiswa secara online. Bahkan, jika memungkinkan Dosen bisa mengunjungi mahasiswa yang melaksanakan KKN di daerah yang dekat dan mudah dijangkau dengan syarat sudah ada janji dan kesepakatan sebelumnya,” tuturnya.

Daring ini sebenarnya bisa bermacam-macam bentuk aplikasinya, oleh karena itu, pihak LPPM membebaskan DPL dan mahasiswa untuk memilih aplikasi apa yang memungkinkan untuk dipakai berkomunikasi.

“Meskipun kondisi pandemi Covid-19 ini terus berkembang, tetapi kita tetap memperhatikan mahasiswa untuk bisa menyelesaikan pembelajarannya sesuai dengan kalender akademik. Karena mahasiswa kami tersebar mulai dari yang tinggal di daerah dekat kampus sampai ke daerah pelosok, bahkan sampai di Luar Jawa, maka KKN ini tetap kami laksanakan sesuai dengan tempat tinggal mereka atau daerah yang mereka pilih.  Sedangkan untuk mahasiswa yang mandiri atau individual berkisar 10%, juga bisa melaksanakan KKN secara individu atau tidak berkelompok.

Di sisi lain, Sekretaris LPPM Unikama Dr. Maris Kurniawati, S.S.i., M.Kes. menambahkan bahwa dengan adanya kegiatan KKN di tengah pandemi Covid-19 ini Unikama bisa berkontribusi kepada masyarakat tanpa mengurangi masa studi mahasiswa.

“Tahun ini scope mahasiswa melaksanakan KKN menjadi lebih luas, berbeda dengan tahun sebelumnya tidak hanya di Malang Kota tetapi juga Kabupaten bahkan sampai di Luar Jawa. Tentunya, pihak LPPM juga sudah melakukan persiapan-persiapan sebelumnya. Terutama perlu membuat konsep yang matang agar KKN Tahun 2020 ini berjalan dengan baik. Konsep seperti ini terbilang baru, tetapi kami selalu terus belajar dari lembaga Pendidikan yang lain tentang cara menghadapi kondisi pandemi Covid-19 ini agar proses pembelajaran terus berlangsung,” paparnya.

Di kegiatan KKN tahun lalu, LPPM Unikama hanya berkonsentrasi dalam pemberdayaan masyarakat saja, sedangkan untuk tahun ini masih sama hanya saja akan ditambah dengan membantu masyarakat untuk beradaptasi di masa pandemi Covid-19.

“Masih ada saja masyarakat yang belum paham akan Covid-19, inilah nanti tugas mahasiswa agar dapat membantu memberikan pengetahuan tentang Covid-19 serta dampak apa saja yang diperoleh jika tidak mematuhi protokol kesehatan. Tidak hanya itu, mereka juga akan ikut andil membantu masyarakat dalam pengembalian ekonomi yang sempat tersendat karena adanya pandemi. Selain itu, dari segi pendidikan saat ini yang sistemnya online, mahasiswa bisa membantu guru-guru yang masih awam akan teknologi,” tambahnya.

Program KKN yang dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 ini merupakan bentuk tanggungjawab Kampus kepada mahasiswa agar mahasiswa tetap dapat menyelesaikan masa studi tepat waktu sesuai dengan Program Akademik Universitas.

WhatsApp chat